Khasiat Bawang putih yang penting untuk kesehatan dan kandungan didalamnya

Khasiat Bawang putih yang penting untuk kesehatan dan kandungan didalamnya   

Bismillahirrohmanirrohin

Jika mendengar nama Bawang putih maka tidak akan jauh dari rempah-rempah dan sebagai bumbu masakan. Tidak akan jauh pula dengan baunya dan temannya bawang merah serta keluarga bawang lain.  Tidaklah kamu tahu bahwa ada segudang khasiat yang terdapat pada sesiung bawang putih. Tidak banyak orang yang tahu dan sering terlupakan.

Padahal, jika diteliti dan dicermati, bawang putih ini termasuk obat herbal yang menurut para ahli mampu mengatasi banyak penyakit, tentu dengan Izin Allah SWT yang menyembuhkan. Apalagi penyakit kulit dari mulai bengkak atau lainnya.

Saya teringat pada suatu perkataan seorang guru pada saya ketika mengalami sakit bisul.  “pake bawang putih, pokonya yang berbau penyakit kulit pake bawang puith.” Selepas itu, karena telah banyak cara saya coba  sayapun mecoba saran darinya dan atas Izin Allah SWT bisul itu mulai mengempes dan mulai sembuh. Alhamdulillah.

Bawang putih sebagai bahan masakan yang sudah dikenal sejak lama

Jika kamu belum tahu, bawang putih atau “Allium sativum (garlic dalam bahasa inggris)” adalah jenis tanaman di keluarga genus Allium sekaligus nama dari umbi yang dihasilkan (umbi itu bawangnya). Bawang putih mempunyai sejarah penggunaan oleh manusia selama lebih dari 7000 Tahun. Berarti saat peradaban manusia baru dimulai sudah menggunakan bawang putih.
Bawang putih memiliki kandungan tinggi dalam senyawa sulfur yang disebut Allicin, yang membuat bawang putih mentah terasa getir atau angur. Dan diyakini membawa sebagai besar manfaat kesehatan.
Tanaman ini juga memiliki sifat anti-bakteri dan anti-jamur dan beberapa klaim mengejutkan menyebutkan bahwa itu dapat membantu mencegah beberapa bentuk kanker.

Kandungan bawang putih
Khasiat Bawang putih yang penting untuk kesehatan dan kandungan didalamnya

Kandungan dalam bawang putih

Bawang putih merupakan salah satu herbal yang memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik di butuhkan oleh tubuh. Dikatakan bahwa bawang putih sangat tinggi kandungan Vitamin C dan klasium serta zat besi.

Berikut ini nutrisi yang diberikan oleh bawang putih per 136 Gram bawang putih :

  • Karbohidrat sebanyak 45 gram atau 15%
  • Zat besi sebanyak 13 %
  • Kalsium sebanyak 25 %
  • Serat sebanyak 3 gram atau 11 %
  • Dan Vitamin C sebanyak 71 %

Nutrisi yang terdapat dalam bawang putih ini sangat bermanfaat bagi tubuh manusia. Namun, uniknya bawang putih tidak mengandung zat dan nutrisi yang berbahaya bagi tubuh jika terlalu besar seperti lemak jenuh dan lakori, maksudnya kalori
Khasiat Bawang putih yang penting untuk kesehatan dan kandungan didalamnya

Maka dari itu, bawang putih dipastikan dapat membantu menunjang kesehatan tubuh dan menjadikan kita bebas dari berbagai penyakit berbahaya.

Khasiat bawang putih untuk kesehatan

Obat sakit tenggorokan

Bawang putih dipercaya sebagai obat sakit tenggorokan, karena memiliki sifat antioksidan danantibakteri yang ada pada bawang putih dan membantu menyebutkan batuk, radang tenggorokan dan sakit tenggorokan.

Cara memakainya cukup mudah, sobat bisa mengunyah sepotong kecil bawang putih atau mencampurknya kedalam jus wortel dan jus apel.

Mencegah pembekuan darah

Menurut penelitian Anti-trombotik atau pengencer darah dimiliki oleh bawang putih. Selain itu, sifat pembersihan yang terkandung pada bawang putih memungkinkan untuk membersihkan arteri dan vena, kemudian akan mengencerkan darah serta melancarkan aliran darah.

Bawang putih dapat meningkatkan produksi oksida nitrat di dalam darah. Hal ini akan membantu melarutkan pembekuan darah dan melebarkan pembuluh darah.

Catatan penting

Bagi sobat pasien yang sedang dalam terapi antitrombotik bisa bahkan harus berbicara dengan dokter mereka sebelum mengambil bawang putih sebagai alternafit.

Ampuh juga untuk menurunkan tekanan darah tinggi

Manfaat bawang putih lainya adalah menurunkan tekanan darah tinggi. Telah banyak riset yang mengeluarkan fakta bahwa bawang putih efektif menurunkan tekanan darah tinggi sekitar 7-8%. Sebagian besar penelitian menggunakan bubuk bawang putih tertentu.

Mencegah kanker

Selain mencegah pembekuan darah, Bawang putih juga dikenal mampu menghancurkan pertumbuhan sel kanker di dlam tubuh manusia dan mencegah berbagai jenis kanker antaranya : kanker pancreas, paudara, kanker perut dan kanker prostat

Sebuah analisa data dari tujuh studi populer mnunjukan bahwa mengkonsumsi bawang putih yang masak ataupun mentah dapat dikaitkan dengan penurunan resiko perut dan kanker kolorektal. The National Institutes of Health tidak mrekomendasikan suplemen diet untuk mencegah kankr tetapi mengakui bawang putih sebagai salah satu dari beberapa sayuran dengan sifat antikenker yang potensial.

Membantu dalam perlawanan Infeksi
Khasiat Bawang putih yang penting untuk kesehatan dan kandungan didalamnya

Sebagaimana telah dijelaskan diatas, bawang putih mengandung vitamin B1, B2, B3, B6, Folat, Vitamin C, kalsium, zat besi, magnesium, mangan, kalium, seng, natrium dan fosfor yang bisa digunakan untuk melawan infeksi karena kandungan-kandungan tersebut dapat membunuh bakteri, jamur, dan virus

Menurut penelitian di University Of ottawa yang menerbitkan Phytotherapy Research pada bulan april 2005, dalam pengujian 19 produk kesehatan alami yang mengandung bawang putih dan lima ekstrak bawang putih segar untuk senyawa aktif dan aktivitas antimikroba akan mampu melawan infeksi.

Dalam penelitian tersebut, pengujian efektivitas ini dilakukan terhadap tiga jenis bkateri yang umum yaitu : N. Gonorrhoease yang menyebabkan penyakit menular Se#sual gonore, S. Aureus yang bertanggung jawab untuk brbagai jenis infeksi yang umum dan E. Faecalis yang menyebabkan infeksi saluran kemih. Dan produk yang paling sukses membasi bakteri adalah orang dengan kandungan Alicin tertinggi.

Mengobati sakit gigi
Khasiat Bawang putih yang penting untuk kesehatan dan kandungan didalamnya

Rasanya sangat menderita sekali bila kita mengalami sakit gigi, cari solusi kesan kemari dan langsung mencobanya. Menurut penulis “A Teatise on Home remedies” suresh Babu, spbat bisa meredakan sakit gigi dengan menerapkan bawang putih untuk gigi yang bermasalah. Bawang putih telah lama digunakan untuk sifat obat sakit gigi, karena sifat antibakteri dan anesthetizing didalam bawang putih.

Cara memakainya cukup mudah, siapkan dua siung bawang putih segar, dihaluskan hingga berbentuk pasta, kemudian terapkan pada gigi yang bermasalah.

Obat penghilang kutil

Ini adalah pengalaman saya sendiri, mengobati kutil. Menurut Human Biochemistry and Disease Allicin pada bawang putih dapat membunuh spektrum yang luas dan virus, termusuk HPV.

Selain itu, Sipat antimikroba yang kaut pada bawang putih adalah karena alicin kompleks, yang dapat membunuh patogen, termasuk Virus, dan hal lain yang menyebabkan kutil timbul.

Cara menggunakannya juga cukup mudah, siapkan bawang putih, kemudian keprek bawang putih lalu tempelkan pada kutil dan bungkus dan ikat bagian tersebut dengan kuat. Tunggu hingga kurang lebih 30 menit. Kumdian kulit akan panas dan kutil akan menghitam dan soabt akan terbebas dari kutil...

Mencegah dan memulihkan kerusakan hati (Liver atau Hepatitis)
Khasiat Bawang putih yang penting untuk kesehatan dan kandungan didalamnya

Hepatitis atau peradangan hati dapat menyebabkan kemtaian. Hepatitis sendiri adalah proses peradangan pada jaringan hati. Penyakit ini lebih dikenal dengan nama sakit kuning atau Liver. Virsu adalah faktor utama penyebab penyakit Hepatitis/Liver.

Bawang putih dapat mencegah dan memulihkan kerusakan pada hati, karena bawang putih adalah temabahn potensi untuk perwatan meis konvensional jika sobat memiliki kerusakan hati. Ingat, berbicara dengan dokter pribadi sobat terlebih dahulu tentang obat herbal yang cocok untuk sobat.

Hal ini didukung penuh oleh seorang ilmuan yang bernama perancis Louis pasteur pada tahun 1858, yang menyatakan bahwa bawang putih memiliki kemampuan untuk mencegah Infeksi, selain itu, menurut Dokter Deepak Chopra, MD, penulis “the Chopra Center Herbal Handbook”, bahwa bawang putih atau Allium sativum memiliki lebih dari 200 kandungan kimia dan telah menjadi sebyek dari ribuan penelitian.

Mencegah Alzheimer parkison

Manfaat bawang putih untuk kesehatan dari memakan bawang putih telah dikenal baik. Menurut penelitian yang dilakukan di University of Missouri, telah ditemukan dalam bawang outih adalah kunci untuk klasifikasi sebagai “makanan super”.

Bawang putih dapat menghambat kerusakan sel otak yang disebabkan oleh stres, sehingga bawang putih tidak hanya membantu memperlambat proses penuaan, namundapat juga menjadi efektif untuk mencegah penyakit otak seperti Alzheimer dan parkinson.

Mengurangi resiko serang jantung

Khasiat Bawang putih yang penting untuk kesehatan dan kandungan didalamnya
Ternyata, atas Izin Allah SWT bawang putih dapat mengurangi resiko terkena serangan jantung. Ini didukung oleh sebuah penelitian dari Los Angles Biomedical Research Institute di harbor-UCLA medical Center menemukan bahwa ekstrak bawang putih bisa mengurangi penumpukan plak 
berbahaya di arteri.

Menurunkan kadar Kolesterol
Khasiat Bawang putih yang penting untuk kesehatan dan kandungan didalamnya
Slain dari kahsiat-khasiat yang telah disebutkan diatas,meskipun hanya dalam jangka yang pedek, dengan konsumsi secara wajar, bawang putih dapat menurunkan kolesterol. Hal ini disebabkan kandungan atioksidan yang terkandung didalam bawang putih mampu mencegah kerusakan akibat radikal pada lapisan arteri.

Dapat memangkas berat badan
Khasiat Bawang putih yang penting untuk kesehatan dan kandungan didalamnya

Dalam sebuah riset telah ditemukan bahwa zat anti inflamasi yang terdapat di bawang putih dapat membantu mengatur sel lemak yang terbentuk dalam tubuh kita. Obesitas atau berat badan terjadi ketika lemak terus terbentuk, tahapan ini mengubuh preadiposit menjadi sel-sel lemak (adipocytes) melalui proses yang sobat dinamakan sistem inflamasi.

Vinyldithin zat yang terdapat pada bawang putih dapat membantu menghambat terjadinya proses inflamasi ini yang tentu baik untuk mencegah berat badan.

Selain dari pada khasiat-khasiat bawang putih yang telah saya sebutkan diatas, berikut saya coba uraikan khasiat bawang putih lannya :

  • Menghambat kemerosotan otak dan sistem kekebalan
  • Membantu menghambat proses penuaan menghambat pertumbuhan sel kanker
  • Dengan mengkonsumsi bawang putih, resiko terkena kanker dapat dikurangi
  • Bawang putih yang dikonsumsi secara rutin dalam jangka waktu tertentu dapat membantu menurunkan kadar kolesterol
  • Zat anti kolesterol dalam bawang putih yang bernama ajoene menolong mencegah penggumpalan darah
  • Bawang putih dapat membantu meredakan stres kecemasan dan depresi
  • Dengan efek yang lebih lembut, bwang putih mengandung vitamin A
  • Mengkonsumsi 2-3 siung bawang putih perhari akan menghindarkan dari kemungkinan berpenyakit jantung
  • Menyembuhkan tekanan darah tinggi
  • Meringankan tukak lambung
  • Menurunkan kolesterol dalam darah
  • Meningkatkan insulin darah bagi penderita diabetes
  • Melumpuhkan radikal bebas yang mengganggu sistem kekebalan tubuh
  • Bermanfaat sebagai penawar racun (detoxifier) yang melindungi tubuh dan berbagai macam penyakit
  • Membantu menambahkan nafsu makan apabila dimakan mentah
  • Menjaga stamina tubuh
  • Mengandung khasiat antimikroba, antirombotik, hipolipidemik, antiarhritis, hipoglikemik, dan juga memiliki antivitas sebagai antitumor
  • Menyuburkan rambut/mengatasu rambut rontok berlebih
  • Membersihkan jerawat
  • Mencegah dan mengobati flu
  • Dapat mengatasi penyakit kulit
  • Dapat mengontrol barat badan
  • Menyembuhkan luka serpihan
  • Menyembuhkan sariawan
  • Melindungi dari serangan kanker
  • Penawar racun
  • Mengobati gangguaan pencernaan
  • Menurunkan gula darah

Baca juga : manfaat bawang putih untuk kecantikan kulit


Itulah artikel tentang Khasiat Bawang putih yang penting untuk kesehatan dan kandungan didalamnya.   Demikian pemahasan kali ini, semoga dapat bermanfaat dan dapat membantu masalah sobat. Mohon maaf bila ada kesalahan. Karena kesalahan mutlak pada diri saya dan kebenaran hanya ada pada Allah SWT.

Hanya orang biasa yang suka dunia teknologi dan digital.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

2 comments

comments
March 11, 2017 at 5:45 AM delete

Baru tahu bawang putih banyak gunanya...thanks gan

Reply
avatar
July 22, 2017 at 11:49 PM delete

info menarik gan...terus menulis tentang pengobatan herbal..banyak orang membutuhkan..

Reply
avatar